Skrining Intervensi Lapangan pada Spot 1

Pelaksanaan Program Skrining Intervensi Lapangan (SIL) di Spot 1 pada hari Kamis, 22 Februari 2018 di Spot 1 (Toddopuli).

πŸ‘‰ Uraian Kegiatan ;
1. Menindak lanjuti koordinasi dengan Persaudaraan Korban Napza Makassar (PKNM) pada tanggal 14-2-2018 menyepakati untuk mengundang sasaran yang terjalin komunikasi dengan sekretariat PKNM, sehingga pada tanggal 22-2-2018 berhasil menghadirkan 11 orang sasaran.

2. Pembicara pertama oleh Ketua PKNM menjelaskan tentang jenis zat psikoaktif beserta dampak buruk yang ditimbulkan terhadap kesehatan maupun hukum.

3. Pembicara kedua yaitu Penanggung Jawab SIL Sulsel; (a)memperkenalkan diri dan tim sebagai pemerhati komunitas sasaran yg rentan menyalah gunakan narkoba; (b)menjelaskan kenapa pengguna narkoba harus direhabilitasi bukan dipidana; (c)menanyakan peran rumah sakit, puskesmas dan BNN dalam upaya penyelamatan penyalah guna narkoba; (d)setelah mendengar tanggapan sasaran terhadap institusi (khususnya peran BNN yg dianggap sangar), maka tim SIL menjelaskan peran BNN khususnya pada fungsi Bidang rehabilitasi yaitu untuk menyelamatkan penyalah guna narkoba; (e)setelah diskusi cair dan memahami fungsi BNN, baru tim memperkenalkan diri yang sebenarnya bahwa tim ini adalah tim dari Bidang Rehabilitasi BNNP Sulsel; (f)kemudian tim SIL menawarkan kepada sasaran untuk wawancara; (g)wawancara yang dimaksud adalah Skrining dengan tools ASSIST.

4. Hasil Skrining dengan menggunakan form ASSIST adalah;
Resiko rendah : 1 org ( abstinen 5 th)
Resiko Sedang : 5 org
Resiko Tinggi : 5 org.

πŸ‘‰ Tindak Lanjut :
Selanjutnya, klien yang memiliki resiko rendah dan sedang diberikan Intervensi Singkat dan KIE, sedangkan yang beresiko tinggi dirujuk untuk diasesmen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s