Terobosan Aksessibilitas Layanan Rehabilitasi Penyalah Guna Narkoba di Soppeng

Soppeng (1-11-2017), Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng membuka kegiatan Orientasi Aksessibilitas Layanan Rehabilitasi Melalui Pojok Konseling Adiksi dengan harapan para petugas kesehatan yg berada di garda terdepan (yaitu Poskesdes dan Puskesmas) dapat melakukan penjaringan penyalah guna narkoba melalui proses skrining ASSIST.

Dilanjutkan dengan materi Manajemen Layanan Rehabilitasi Pojok Konseling Adiksi, kemudian materi Skrining ASSIST (oleh Kabid Rehabilitasi Bnnp Sulsel) dilanjutkan dengan praktek skrining (oleh saudara Made dan dr. Dian), materi Asesmen dan prakteknya (oleh dr. Dian), serta materi konseling dan prakteknya (oleh Made Raditya).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Kesehatan Prov Sulsel/ Kab. Soppeng dengan Bnnp Sulsel dengan harapan dapat meningkatkan akses layanan rehabilitasi melalui Pojok Konseling Adiksi di Poskesdes dan Puskesmas. Kab Soppeng merupakan kabupaten ke tiga di Sulsel yang menguji coba penjaringan klien melalui Pojok.Konseling Adiksi

Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri dari petugas Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinkes Kab.Soppeng petugas PTM Puskesmas, dokter Puskesmas, bidan desa.dan kader.

Hasil Kegiatan:

1)Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan terutama pada saat prakteknya; 2)Pokja Pojok Konseling Adiksi akan segera melaksanakan skrining melalui tools ASSIST di Pojok Konseling Adiksi, jika menemukan resiko rendah dan sedang cukup diberi umpan balik, KIE  dan intervensi singkat, tetapi jika menemukan resiko tinggi maka harus ditindak lanjuti dengan asesmen pada Poskesdes atau dirujuk ke Puskesmas untuk diasesmen dan dilanjutkan dengan konseling pada Puskesmas atau cukup di  Pojok Konseling Adiksi Desa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s