Sosialisasi Program Rehabilitasi dengan tema “Kemudahan Aksessibilitas Layanan Rehabilitasi”

Watampone (17-5-2017), Bidang Rehabilitasi Bnnp Sulsel kerjasama dengan Seksi Rehabilitasi Bnnk Bone menyelenggarakan “Sosialisasi program Rehabilitasi” dengan tujuan mempermudah aksessibilitas layanan rehabilitasi ke masyarakat.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 27 Camat, 7 Kepala Puskesmas, 3 Kepala Desa/ Lurah, Dinas Kesehatan, Badan Kesbang, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Forum Kab. Sehat.
Bupati Bone Dr. A. Fahsar Pajalangi, M.Si yang membuka kegiatan dengan beberapa penekanan khusus ke Camat dalam rangka menciptakan “Bone bersih Narkoba” yaitu 1)buat desa percontohan bersih narkoba; 2)buat spanduk di masjid yang bertema “Bersihkan hati dengan menjauhi narkoba”; 3)selipkan bahaya narkoba setiap camat berpidato; 4)buat pojok konseling narkoba pada desa percontohan.

Hasil diskusi pada kegiatan tersebut disepakati oleh camat bahwa jangan hanya ada satu desa percontohan perkecamatan, tetapi semua desa. Hal ini diamini oleh Forum Kab Bone Sehat, karena setiap desa sudah memiliki Pos Desa Sehat, sehingga tinggal menambahkan “Pokja Konseling Narkoba”
Para camat menginginkan dilakukan secara massif mulai dari pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi. Sehingga disimpulkan bahwa seluruh sekolah harus mengajarkan bahaya narkoba, setiap ustaz yang ceramah menyelipkan bahaya narkoba, ada Satgas Pemuda Anti Narkoba per desa, semua ini bergerak untuk mencegah coba-coba narkoba, kemudian setiap desa dilengkapi dengan tempat konseling narkoba bagi yang sudah terlanjur menggunakan narkoba  (bersinergi dengan Forum Kab Sehat dan Puskesmas). Sedangkan upaya untuk memutus rantai peredaran narkoba, penegak hukum akan disinergikan antara Binmas Polsek, Babinsa Koramil, memberdayakan Hansip Desa untuk senantiasa melakukan patroli keliling desa.
Rencana tindak lanjutnya, Bidang P2M Bnnp bersinergi Seksi P2M Bnnk untuk meningkatkan skill guru dan ustaz untuk mengajarkan bahaya narkoba, menggerakkan satgas pemuda/ TOMA anti narkoba. Sedangkan Bidang Rehabilitasi Bnnp dan Seksi Rehabilitasi Bnnk akan bersinergi melakukan workshop asesmen dasar dan konseling dasar bagi perwakilan kader Forum Desa Sehat untuk memberikalan layanan konseling dasar bagi pengguna narkoba yg ada di desa secara kekeluargaan, tetapi jika dibutuhkan untuk konseling lanjutan, maka akan dirujuk ke Puskesmas, RSUD, klinik Bnnk atau Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s