Penutupan Layanan Rumah Damping Triasa Sulsel Tahap 1

Makassar (22-3-2017), Penutupan layanan  Rumah Damping (RD) Triasa Sulsel tahap 1 oleh Plh. Kepala Bnnp Sulsel Drs. Andi Sultan. Peserta RD Triasa tahap 1 sebanyak 12 klien, telah mengikuti layanan selama 50 hari sejak tanggal 01 Februari s/d 22 Maret 2017.
Tujuan kegiatan RD Triasa Sulsel ;
1)memelihara kepulihan klien agar siap menjalankan fungsi sosial; 2)Mengembangkan keterampilan sesuai minat dan bakat klien; 3)Memfasilitasi keluarga & masyarakat untuk mendukung program pemulihan klien.

Beberapa kegiatan yg dilaksanakan di layanan RD Triasa Sulsel ;
1)pencegahan kekambuhan; 2)Ketahanan diri; 3)Pengembangan diri; 4)Layanan vokasional; 5)Bimbingan, konseling, dan psikoterapi; 6)Layanan pola hidup sehat; 7)Psikososial; 8)Manajemen kasus; 9)Fasilitasi pendidikan; 10)Kelompok bantu diri.

Dalam kegiatan ini peserta telah diberikan keterampilan/vokasional, diantaranya:
(1)Hidroponik (kerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan); (2)Sablon (bekerjasama dengan Akumandiri untuk prlatihannua dan CSR Pertamina yang menyiapkan alat dan bahan); (3)Kerajinan lampion hias (oleh pendamping binaan CSR Pertamina); (4)Seni lukis kaca dan gravity kerjasama dengan Akumandiri; (5)Pelatihan kewirausahaan/bussines plan oleh DPD Akumandiri Sulsel; (6)Barber shop kerjasama dengan Peeple barber shop; (7)Barista coffee kerjasama dengan Mangkok Merah shop.

Setelah kegiatan RD tahap 1 ini, peserta masih akan mengikuti pelatihan instalasi listrik di BLKI Makassar selama 2 Bulan. Sementara 2 org klien akan mulai bekerja di salah satu cofdee shop, 1 orang melanjutkan usaha walet, 2 org lanjutkan pendidikan, dan yang belum produktif lainnya akan dikirim ke Dinas Sosial untuk pembinaan kelompok usaha bersama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s